Peluang Jualan Jajanan Kreatif Untung Bisa 13,5 Juta/Bulan


Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Untung Besar

Banyak jalan menuju Roma adalah sebuah ungkapan yang pasti pernah kita dengar, dimana hal itu dapat diartikan bahwa untuk mencapai sebuah tujuan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Seperti halnya cara mencari uang dalam dunia bisnis makanan ringan modal kecil (walau dengan modal kecil-kecilan) namun bisa pula sukses, sepanjang dapat menemukan peluang berbisnis rumahan atau mampu bikin sebuah produk yang inovatif dan menarik.

Memang banyak cara usaha rumahan yang sukses bisa ditemukan jika kita mampu berkreasi, menciptakan sebuah produk unggulan yang belum dilakoni pelaku usaha kecil pada umumnya sehingga dari hasil usaha sampingan di rumah tersebut akan sangat menguntungkan jika ditekuni dengan kerja keras dan pantang menyerah.

Peluang Usaha Rumahan Yang Menguntungkan
FOTO: https://www.facebook.com/DonatLukis

Hal itulah yang dipegang kuat oleh Saiful Ramdan, pemilik usaha donat lukis, dari hasil usaha turun menurun dari sang nenek akhirnya dia mampu mengembangkan bisnis makanan/jajanan kreatif dengan modal kecil tersebut menjadi sumber penghasilan utamanya.

Donat Lukis – Mengembangkan Peluang Usaha Rumahan Yang Menghasilkan

Siapa yang tidak mengenal donat? Jajanan ini sudah ada sejak jaman saya masih anak-anak sampai sekarang masih tetap eksis. Sebagai calon wirausaha, paling tidak setiap orang akan bisa menilai bahwa bisnis donat ini memiliki pasar yg cukup baik. Sekarang tinggal bagaimana memanfaatkan pasar tersebut sebaik-baiknya sehingga dapat menghasilkan keuntungan jika kita terjun dalam usaha makanan kecil tersebut.

Paling tidak, hal itulah yang dipercaya oleh Saiful Ramdan, penggagas sekaligus pemilik Donat Lukis, bahwa bisnis jajanan itu memiliki prospek yang tetap bagus sampai kapan pun. Meski usianya masih muda, namun berkat ketekunan dan kerja kerasnya, akhirnya dia mampu meneruskan bisnis keluarganya yang memang sejak dari neneknya telah menjadi pembuat kue donat.

Hanya saja, kue donat yang dibuat oleh nenek lalu bisnis keluarga tersebut diteruskan oleh ibunya, memiliki bentuk yang berbeda dengan apa yang dibuatnya saat ini. Jika sang nenek dan ibunya membuat donat dengan model berlubang ditengahnya, seperti yang selama ini kita kenal, maka Saiful tidak lagi membuat dengan teknik seperti itu.

Saiful lebih mengedepankan sentuhan seni dalam mengembangkan usaha modal terbatas bisnis donatnya, yaitu dengan memberi hiasan karakter kartun, emoticon (hiasan wajah) sehingga tentu saja hal itu menjadikan produknya lebih unik dan menarik. Tampilan donut hasil produksinya nyatanya tidak saja menarik buat anak-anak tapi orang dewasa juga suka kreasi baru seperti itu. Alhasil, kue hasil bikinannya pun sangat diminati oleh orang karena selain penampilannya cantik juga harga yang ditawarkan masih terjangkau oleh masyarakat. [Baca juga: Usaha Donat Ubi Cilembu].

Saiful Ramdan yang mulai menekuni peluang usaha sampingan dengan modal kecil itu sejak tahun 2013 hasil warisan ibunya, mengakui bahwa tidak mudah untuk mengembangkan bisnis makanan ringan modal kecil tersebut. Awalnya, dia menjualnya ke kantin-kantin sekolah karena memang sasarannya adalah anak-anak, namun karena waktu itu harga jualnya 5 ribu per biji, sehingga dagangannya tidak terlalu laku karena tidak sesuai dengan uang saku anak-anak SD.

Namun ketidakberhasilan pemasaran model titip di sekolah tidak membuatnya lantas berputus asa karena pasti ada cara lain untuk memasarkan donat uniknya itu. Saiful punya keyakinan bahwa masih ada peluang yang menguntungkan buat kue donat berbentuk pipih (tidak berlubang di tengah) dengan aneka macam gambar karakter kartun seperti Angry Bird, Donald Bebek atau gambar emoticon hasil produksinya pasti akan disukai oleh masyarakat.

Gagal dalam menjual dengan menitipkan di kantin sekolah, Saiful lalu mencoba peluang berjualan secara online meniru gaya pebisnis yang lagi trend saat ini. Lewat akun Facebook, Instagram dan Twitter, dia menawarkan hasil usaha sampingan di rumah itu sambil tetap pula menawarkan donatnya kepada tetangga dan anak-anak di sekitar rumahnya. Seiring berjalannya waktu, dari hasil promosi yang baik lewat internet, orang mulai penasaran dan ingin mencoba rasa donat lukis yang imut-imut tersebut.

Dengan mematok harga jual antara 45 – 60 ribu per paket, ternyata mendapat sambutan yg bagus dari pasar. Untuk satu paket yang berisi 10 donat memiliki ukuran lebih kecil dari donat yg kita kenal selama ini dengan dikemas dalam wadah mika. Guna mengedepankan kualitas, maka bahan-bahan yg dipakai seperti tepung terigu memakai kualitas terbaik sehingga hasilnya pun tetap terjaga sekaligus juga diberi label halal dari MUI dan seijin Dinkes, jadi konsumen diharapkan tidak ragu untuk mengkonsumsinya.

Dengan modal usaha 5 juta untuk pembelian bahan baku selama pemakaian satu bulan, diluar alat-alat memasak karena semua alat masak hasil warisan ibunya, pendapatan Saiful Ramdan bisa mencapai 13,5 juta. Menurut penuturannya, setelah 1,5 tahun menekuni bisnis donat maka saat ini penghasilan bersihnya sekitar 4,7 juta sebulan. Sebuah penghasilan yang lumayan buat usaha tanpa modal besar seperti itu.

Jika Anda berminat mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang dari bisnis makanan ringan modal kecil ini, bisa menghubungi Saiful untuk mengetahui bagaimana cara berbisnis rumahan tersebut di kota Anda. Saiful membuka kerja sama kemitraan yang menguntungkan sejak mulai Pebruari 2015 buat siapapun yang mau bikin usaha modal kecil seperti dirinya. Hubungi Donat Lukis di Perum Reni Jaya, jl. Bratasena 3 blok BB 2 / 8, Pamulang, Tangerang Selatan atau lihat juga lapak online di https://id-id.facebook.com/DonatLukis. Selamat berbisnis!