Bisnis UKM Hasilkan 150 Juta Sebulan


Tingginya kebutuhan wanita terhadap bahan perawatan tubuh, membuat usaha modal kecil (UKM) rumahan di sektor ini semakin menjamur di Indonesia. Di Pulau Dewata Bali, banyak pelaku usaha yg menghasilkan bahan perawatan tubuh dari olahan rempah-rempah bumbu dapur.

Dari bisnis alami perawatan badan ini, seorang pelaku bisnis bisa meraup omzet Rp 150 juta per bulan. Bahan perawatan kecantikan sudah jadi salah satu kebutuhan utama wanita. Bahkan, untuk mendapatkan bahan perawatan tubuh yg bagus, sebagian besar wanita bersedia mengeluarkan uang tidak sedikit.

Sejalan dengan tingginya kebutuhan tersebut, kini semakin menjamur usaha modal kecil memproduksi bahan perawatan tubuh. Contohnya di Bali. Di pulau dewata, banyak pelaku bisnis untuk ibu rumah tangga yang menghasilkan bahan perawatan tubuh skala industri rumahan.

Cerita Sukses Usaha Modal Kecil Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Salah satu pengusaha modal kecil itu ialah I Nyoman Sukadana dengan bendera bisnis Angelo Store Ubud. Bisnis bahan alami perawatan badan ini dirintis I Nyoman sejak 1 Mei 2012.

I Nyoman mengatakan, latar belakang mendirikan bisnis tersebut berdasarkan pengalamannya di masa kecil yg sudah terbiasa menggunakan ramuan herbal Bali buat perawatan tubuh.

Untuk menghasilkan bahan baku bahan Angelo Perawatan badan, I Nyoman membudidayakan aneka tanaman rempah-rempah di atas tanah dengan luas lima hektar di Bali. Dia bekerja sama dengan petani setempat dalam membudidayakan tanaman rempah tersebut.

Tanaman rempah yg sudah dipanen, diproses I Nyoman menjadi bahan baku Angelo Perawatan badan. Pada mulanya, I Nyoman mulai mengumpulkan hasil panen rempah itu untuk dikeringkan selama 5 hari hingga dua minggu. Setelah dikeringkan, baru dimulai proses peracikan bahan baku. "Seluruh hasil produksi dikerjakan secara manual tanpa alat atau mesin oleh karyawan saya," katanya.

Ada banyak varian alami perawatan badan yg dihasilkan I Nyoman. Di antaranya adalah aromatherapy, skin care, healing, alami & organic, bath & shower, herbal, face & hair care's serta spa treatment. Varian bahan tersebut dijual dengan harga 15 ribu s/d 75 ribu setiap jenis.

Menurut I Nyoman, dalam sebulan, usaha modal kecil miliknya menghasilkan 700 jenis bahan Angelo Perawatan badan dengan beraneka jenis. Dari hasil penjualan bahan tersebut, dia sukses menghasilkan keuntungan atau omzet rata-rata 150 juta rupiah setiap bulan.

bisnis untuk ibu rumah tangga

Saat ini, pelanggan setia Angelo Perawatan badan tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia contohnya Jakarta, Bandung, Surabaya  dan Medan serta Bali. Selain pasar domestik, Angelo telah mampu untuk melakukan ekspor ke negara seperti Jepang, China, Korea dan Eropa. Jika berminat ikut menjual produk ini dengan cara afiliasi maka bisa mengunjungi situs angelostoreubud.com.

Pemain lainnya yg mencari peruntungan di usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil tersebut ialah Mbak Putri Wibisono asal Denpasar, Bali. Bendera bisnisnya adalah Rempah Putri. Mbak Putri membangun bisnis untuk ibu rumah tangga ini sejak tahun 2009.

Mbak Putri menghasilkan bahan perawatan badan untuk kebutuhan suvenir pernikahan. Mbak Putri juga menggunakan rempah-rempah bumbu dapur seperti kunyit, bawang, tepung, teh,  gula dan kopi sebagai bahan terpenting bisnisnya.

Dibantu tiga orang karyawannya, kerja sampingan milik Mbak Putri bisa menghasilkan alami perawatan badan sekitar 1000 jenis. Bahan itu, antara lain, essential oil, bath and shower, potpourri, herbs, face treatments dan alami spa course. Harganya 15 ribu sampai 70 ribu per jenis. Dari penjualan bahan ini, Mbak Putri bisa menghasilkan uang Rp 10 juta per bulan.