Bisnis Makanan Kecil Khas Turki Yang Menguntungkan


Kebab adalah salah satu makanan khas Timur Tengah kini sudah sangat nge-trend di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan oleh pemilik Kebab Moster, Fan Andrew dan Iccha Indriyani, penganan kebab difungsikan sebagai pengganti makanan pokok seperti nasi.

Niat untuk menjadi seorang pebisnis dan menjalani usaha kecil yang menguntungkan milik sendiri adalah cita-cita Andrew dan Iccha. Melalui brand Kebab Monster inilah, mereka mengawali langkah mimpi tersebut. Kebab Monster baru diluncurkan di bulan Mei 2015 lalu, dimana penampilan outlet, kemasan produk hingga cita rasa yg dihadirkan telah sukses “mencuri lidah” para pecinta kuliner makanan asal negara Turki ini.

“Ide awal menjalani usaha kecil kenapa jualan kebab karena kita suka makan kebab, selain itu kita juga kepikiran tentang memulai bisnis makanan ringan dan praktis namun tetap mengenyangkan ketika datang rasa lapar,” ujar Iccha. “Akhirnya kebab menjadi pilihan sebab dinilai memiliki prospek yang menguntungkan, jadi kebab milik kita ini tidak hanya sekedar camilan atau makanan ringan saja tapi juga sekaligus mengenyangkan karena memiliki isian dengan tambahan makaroni,” tambahnya.

Makanan Pengganti Nasi

Memang ada sensasi rasa sedikit berbeda ketika Anda menikmati seporsi kebab dari kebab Monster ini. Kata “Moster” pada merek dagang tersebut mengartikan sebuah ukuran penganan dengan ukuran lumayan besar dan mengenyangkan. “Panjang ukuran kebab kita ada 2 yakni Monster dengan ukuran 28 cm dan Super Monster berukuran 40 cm,” ujar Iccha. Pilihan toping kebabnya pun cukup menyehatkan dan sarat dengan kandungan gizi seperti sosis, keju dan telur. Dan paling penting adalah cita rasa dari saus mayonaisenya dari Kebab Monster miliknya tentu saja sangat enak dan tidak terlalu manis.

Pada satu porsi Kebab Monster terdapat lapisan roti Tortila hangat, memiliki tesktur lembut dan rasa yg gurih dimana mempunyai isian utama seperti daging sapi (beef) dan crispy chicken dari ayam segar pilihan dengan cara pengolahan yang higienis, diisi juga dengan daun selada segar dan makaroni sebagai pelengkap sekaligus penambah energi karena mengandung karbohidrat. Isian utama berupa daging sapi atau chrispy chicken disajikan dari atas hingga bawah serta melebar pada tortila sehingga penikmat kebab akan merasakan daging dalam setiap gigitannya.

kebab moster yang menguntungkan

Kebab dengan tambahan isi makaroni sebagai bahan pelengkapnya dengan jumlah banyak sehingga menjadikan pelanggan merasa kenyang dapat ditemukan di kebab Monster. Tak heran bila Iccha mengatakan dengan menambahkan makaroni ke dalam isiannya maka kebab Monster pun tidak hanya sekedar sebagai makanan ringan namun sekaligus sangat mengenyangkan atau dapat menggantikan fungsi nasi sebagai makanan pokok sehari-hari.

Perkembangan Usaha Kebab Monster

Dalam perjalanan memulai bisnis kecil yang menguntungkan tersebut, Andrew dan Iccha membutuhkan waktu 3 bulan untuk mempersiapkannya, terutama persiapan modal usaha. “Kita sempat menabung dan mengumpulkan modal dulu untuk mulai merintis usaha kecil yang peluangnya bagus ini,” ujar Iccha. “Kedepannya memang ada rencana untuk menjalin kemitraan dengan cara waralaba. Bahkan belum sampai sebulan sejak buka, sudah ada beberapa orang berminat untuk bermitra dengan kami,” tambahnya.

Senada dengan Iccha, Andrew menambahkan jika nanti ada peminat memiliki keinginan untuk bermitra dengan mereka, Andrew menawarkan harga franchise sebesar 50 juta rupiah untuk ukuran sebuah kios atau kedai. “Dari biaya investasi sebesar 50 juta itu, para mitra mendapatkan peralatan lengkap dan bahan baku untuk 100 porsi kebab,” jelas Andrew. Buat Anda yang ingin menikmati satu porsi kebab maka cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 12.999,- untuk membeli kebab ukuran Monster (28 cm) dan Rp. 18.999,- untuk harga kebab ukuran Super dengan panjang 40 cm.

Sedangkan buat harga topping tambahan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp. 2 ribu per topping atau Rp. 5 ribu untuk full topping. Selain isian utama berupa daging sapi atau ayam, Kebab Monster terus akan menghadirkan varian lain yang menarik supaya lebih memberikan alternatif pilihan buat para pelanggan. Inovasi isian utama dilakukan agar terus mendapat sambutan di hati para penyuka makanan khas Turki itu. Para penggila kebab tidak perlu kuatir memakan hidangan yang umumnya disajikan pada sore dan malam hari, karena Kebab Monster menerapkan jam buka outlet mulai dari pukul 11 siang sampai dengan 10 malam.

Pada peristiwa tertentu seperti hari Kemerdekaan dan sebagainya, Kebab Monster menawarkan harga promo menarik. “Seperti pada awal buka outlet pertama, selama 3 hari, para pembeli mendapatkan penawaran beli 1 dapat 2. Sekitar 100 porsi kebab laris dijual setiap hari pada waktu itu. Nantinya, pada bulan puasa nanti akan menawarkan takjil cincau susu untuk setiap pembelian satu porsi kebab. Kemudian, kami juga menerapkan cara promo stempel, dimana setiap pembelian 1 kebab akan mendapatkan 1 stempel. Jika kupon tersebut telah menghasilkan 10 stempel maka otomatis akan mendapatkan 1 kebab secara gratis,” tutur Andrew.

Jika pembaca berminat untuk mengetahui apa dan bagaimana cara memulai usaha kecil yang menguntungkan ini, maka bisa menghubungi ke website www.kebabmoster.com, telepon 0856 8383 117 / 0859 5998 1317, email: administrator@kebabmonster.com, alamat Jalan K.H. Syahdan nomer 16 A Kemanggisan, Jakarta Barat, Instagram: kebab.monster, Twitter: kebabmonster15 atau Facebook: Kebab Monster.